Jumat, 10 Juni 2016

Apa itu Sleep Paralysis?

Ada yang tahu apa itu Sleep Paralysis? Apa ada yang pernah mengalaminya? Sleep Paralysis  jika diartikan adalah bahwa sleep artinya tidur dan paralysis artinya kelumpuhan, kalau di Indonesia peristiwa ini sering disebut "Rep-repan" atau "Tindihan".
Jadi Sleep Paralysis dapat dimaksudkan sebagai kelumpuhan tidur. Nah, jika anda pernah mengalamai fenomena Sleep Paralysis  ini pasti Anda sulit bergerak, sulit mengeluarkan suara (menjerit mungkin), dan pastinya juga Anda melihat sosok-sosok seram. Nah, sosok-sosok seram ini bisa dijadikan asumsi bahwa Sleep Paralysis ini selalui diiringi dengan mimpi buruk dan halusinasi.

Sleep Paralysis ini terjadi pada usia remaja dan dewasa. Sleep Paralysis menurut banyak teralaminya terbagi 2, yaitu: terjadi sesekali dalam seumur hidup dan terjadi berungkali. Durasi terjadinya Sleep Paralysis biasanya terjadi selama beberapa menit, tetapi ada juga yang sampai skala jam. Sleep Paralysis ini diakibatkan karena gangguan pada saat fase tidur REM (Rapid Eye Movement) atau disebut juga tidur pada tahap paling dalam dan pada fase ini juga terjadi sebuah mimpi. Gangguan penderita Sleep Paralysis adalah pada saat tubuh ingin bangun, tetapi otak masih tidur sehingga tubuh pun sulit digerakkan.

Fenomena ini sering terjadi oleh beberapa sebab diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Kurang tidur.
  • Stres.
  • Tidur telentang.
Pasti bagi Anda yang mengalami fenomena ini tentu tidak ingin hal ini terjadi kembali. Dengan demikian, maka Anda perlu menjauhi penyebab-penyebab terjadinya.  Jika Anda ingin bangun dari Sleep Paralysis ada dua tips yang akan saya berikan, yaitu gerakkan ujung jari pada kaki (ketika mengalami Sleep Paralysis) dan jangan coba tidur kembali (karena akan terjadi Sleep Paralysis lagi).
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar