Senin, 13 Juni 2016

Suhu Permukaan Bintang

Suhu dapat diartikan "tingkatan panas". Panas bumi, panas alam semesta, panas permukaan matahari sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan penghuni bumi. Jika panas itu lebih atau kurang sedikit saja, maka kehidupan manusia dan makhluk yang dikenalinya tidak akan hadir di alam ini. Mengapa demikian?
Dikarenakan rancangan pada tubuh kita sangat rumit.

Kali ini Admin akan membahas tentang suhu permukaan bintang. Sebelumnya Anda harus tahu tentang gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium apapun seperti udara atau sebagainya. Mengapa Anda harus tahu apa itu gelombang elektromagnetik? Itu karena seluruh bintang meradiasikan gelombang elektromagnetik. Jadi, pengetahuan akan gelombang elektromagnetik sangat penting untuk mempelajari suhu permukaan bintang.

Suhu permukaan bintang berpengaruh pada apa yang akan diradiasikan bintang. Gelombang elektromagnetik menurut admin dapat dibagi menjadi 2, pertama gelombang berbahaya dan gelombang tidak berbahaya. Gelombang berbahaya cenderung panjang gelombangnya sangat kecil, kalau gelombang yang tidak berbahaya cenderung sangat panjang. Contoh gelombang yang berbahaya yang ditadiasikan oleh bintang adalah sinar gamma, sinar X, dan sinar ultraviolet. Contoh gelombang elektromagnetik yang tidak berbahaya adalah sinar inframerah, cahaya tampak dan gelombang radio. Perhatikan gambar berikut supaya lebih jelas!
Mengapa gelombang elektromagnetik yang panjangnya tidak satu mm saja sudah berbahaya? Itu karena energi yang dikandung 3 gelombang elektromagnetik yang berbahaya tadi cenderung mengandung energi yang sangat besar (Perhatikan tabel).

Nah, tadi admin sempat berkata bahwa suhu permukaan bintang sangat berpengaruh terhadap apa yang diradiasikan bintang. Sebenarnya sangat simpel untuk dihafal, bahwa suhu permukaan bintang yang melebihi suhu permukaan matahari, maka bintang tersebut meradiasikan gelombang elektromagnetik dalam spektrum yang besar. Jika suhu permukaan suatu bintang kurang dari suhu permukaan matahari maka bintang tersebut cenderung meradiasikan gelombang elektromagnetik yang sangat sempit. Lalu, berapakah suhu permukaan matahari? Suhu permukaan matahari kurang lebih 6000 derajat C.

Satu pertanyaan lagi yang perlu dibahas adalah "apa kaitannya suhu permukaan matahari dengan kehidupan di bumi?" Jawabannya bahwa matahari meradiasikan gelombang elektromagnetik yang bermanfaat bagi keberlangsungan hidup makhluk hidup. Spektrum yang diradiasikan matahari justru hanya beberapa mikron saja (tidak masuk ke milimeter), tapi kesempitan spektrum yang diradiasikan matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan di bumi. Mengapa? Karena matahari meradiasikan sinar ultraviolet dekat yang bermanfaat bagi pembentukan vitamin D, cahaya tampak yang berguna bagi penglihatan makhluk hidup yang bermata, dan sinar inframerah dekat yang bermanfaat bagi menstabilkan suhu permukaan bumi.

Sedikit lagi, bintang yang memiliki suhu permukaan dibawah suhu permukaan matahari (atau bintang kecil), cenderung meradiasikan sinar inframerah sehingga cahaya tampak akan semakin minim untuk diradiasikan. Jika bintang besar berukuran raksasa yang memiliki suhu yang lebih besar/menyiksa cenderung meradiasikan gelombang elektromagnetik yang sangat berbahaya bagi kehidupan.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa suhu permukaan bintang yang tepat dapat berguna bagi kehidupan di suatu planet. Bintang yang berguna bagi kehidupan dinamakan "matahari", dan planet yang mengorbit bintang tersebut yang hanya layak huni disebut "bumi".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar